Ngaku Blogger Tapi Males Ngeblog, Kenapa...

7 komentar

 

foto dari google


Sebenarnya malu juga sih, ngaku-ngaku blogger tapi seminggu, sebulan, bahkan bisa jadi berbulan-bulan nggak ngepost apa-apa di blog. Apa kamu begitu juga ? sama dong kita...

Awal kali senang menulis dulu memang aku tak ada kepikiran untuk jadi blogger, cuma senang nulis saja. Entah itu di FB yang kala itu lagi seru-serunya, atau di blog keroyokan Kompasiana yang saat itu juga baru kukenal. Maklumlah baru kenal, baru dapet teman baru jadi rasanya penasaran dan asyik saja . Bahkan rasanya kurang kalau sehari-dua hari tidak nulis apapun. Lagian rasanya di kepala itu penuh, ada saja yang pingin ditumpahkan lewat tulisan.

Di sela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga tetap aku luangkan waktu menulis saat itu, bahkan saat sakit pun rasanya pingin aku ungkapkan dengan tulisan. Pokoknya ada aja bahan dan kesempatan luang untuk menulis.

Sampai aku mendapatkan banyak teman dari menulis , ada persahabatan, ada  bulian dan juga semangat dari sesama teman yang menulis. Yang lebih menyenangkan bisa berteman dengan berbagai kalangan dan di berbagai tempat bahkan ada teman-teman penulis yang tinggal di luar negeri juga. Coba kalau nggak menulis, paling hanya berteman dengan yang di sekitar kita saja.

Awalnya dulu aku hanya menulis tentang fiksi saja, sesuai kesukaan  dan yang aku bisa. Lama-kelamaan membaca tulisan teman lainnya, dan tantangan  berbagai lomba menulis di Kompasiana membuatku terarik juga untuk menulis di luar fiksi. Eh... ternyata asyik juga ya...

Ada banyak hal yang bisa kita tulis, bisa soal kesehatan, makanan dan masakan, hobby, ekonomi, politik,  bahkan sekedar keluh kesah biasa... Ternyata menulis esai itu asyik juga..

Sejak itulah, aku mulai mengenal ngeblog, mulai bikin blog sendiri selain yang sudah ada di Kompasiana. Apalagi saat mulai ikut berbagai komunitas blogger, tahu ada job-job blog yang menghasilkan cuan. Aku pun mulai berkenalan dengan domain, mulai berani membayar domain untuk blogku. Walau akhirnya bertahun-tahun bayar domain, tapi blog hanya sesekali aja diisi dengan tulisan . ( sayang ya...)

Kesenangan menulis itu tak begitu lama..

Minat menulis menyusut sedikit demi sedikit, yang biasanya ngepost seminggu 3-4 tulisan menjadi buyar. Apalagi kalau sudah keasyikan beberapa bulan tak menulis, seperti sudah lupa saja tuh.. cara-cara menulis.

Dengan jarang menulis ide di kepala juga sudah buyar, apalagi bertambahnya kesibukan di rumah. Yang lucunya lagi sering tuh pas kita lagi sibuk , entah masak , bersih-besih dst, ide nulis itu muncul. Namun begitu selesai pekerjaan dan siap membuka laptop untuk menulis ide yang di kepala sudah buyar yang ada rasa capek dan ngantuk saja.

Maklum usiaku semakin bertambah, semakin menua , badan sudah tidak fit seperti tahun-tahun sebelumnya.  Ada saja keluhan kesehatan yang membuatku  mengurungkan membuka laptop untuk menulis. Entah tangan yang rasanya nyeri, pusing, badan capek semua, biasalah penyakit orang tua...hahaha.. (alesan ya). Yang jelas akutu semakin tua semakin malas berpikir yang rumit-rumit...

Alasan lain yang menyebabkan aku malas menulis karena kesibukan sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga semakin menyita waktu, karena makin  kesini kesibukan suami semakin bertambah. Dan aku harus mempersiapkan segala seuatu keperluan suami, membuat waktu cepat berlalu. Ada saja yang harus dikerjakan yang rasanya 24 jam itu tak cukup, eh....

Semakin banyaknya fitur aplikasi berbasis video seperti Tik tok, Reel, You Tube membuatku sering kilaf menghabiskan waktu bersamanya.  Bagaimana tidak, menikmati video itu lebih mudah daripada membaca. Apalagi saat ini berita-berita terhangat lebih cepat dan mudah di dapat lewat aplikasi berbasis video, kita tidak perlu banyak mikir, cukup menonton saja sudah bisa mendapatkan informasi yang jelas.

Oh iya, iming-iming mendapatkan cuan dengan mudah di aplikasi berbasis video juga sepertinya lebih menantang, walau kenyataannya tak semudah yang kuduga Fergusso! Karena aku belum pernah mendapatkan, entah videoku yang kurang menarik atau strateginya yang belum dapet. Haa ha haa.. Sudahlah, males bahas di sini..

Masih pingin nambah alasen lagi,...hmm  apa ya ?

Semakin tambah usia tentu kita ingin tambah dekat dengan Sang Pecipta juga kan, kita harus banyakin ibadah, banyakin waktu untuk  mengingat Tuhan, minimal  mengaji seminggu 1 juzz lah, selain harus memperbaiki tajuwid  agar tartil dalam membaca Al-Qur’an. Karena kapan kematian itu datang, kita tak ada yang tahu. Insyallah kita harus mempersiapkan diri dari sekarang. Sekarang   aku lebih banyak berpikir kalau mau menulis. Kira-kira bermanfaat gak sih tulisanku, mengandung hal-hal yang negatif gak buat yang membaca. Naah kan.. nggak jadi nulis lagi, takut ketambahan dosa bila tulisanku ternyata  membuat  pembaca jadi berpikir hal-hal yang negatif.

Semoga Tuhan masih memberiku kesempatan untuk berbagi hal-hal yang baik lewat tulisan, karena kebaikan itu akan bisa terus diunduh saat pembaca bisa memperoleh manfaat walau kelak kita sudah tak ada di dunia lagi.

Begitulah, alasanku. Kenapa jadi males ngeblog... semoga gak bikin males yang baca. Terima kasih !

 

Kudus, 5 Juli 2022

Salam hangat

srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

7 komentar

  1. Aku juga suka kesel tiba-tiba ide muncul pas lagi di dapur. Akhirnya pernah sampai bawa hp, bikin draft sambil masak. Alhasil masak jadi lama, hp.ku jadi bau bawang 🤣

    BalasHapus
  2. yaampun judulnya sangat menohok heheheh aku kadang-kadang juga masih malas buat ngeblog. semangat ngeblognyaaaa~

    BalasHapus
  3. Aku merasa tertohok dengan isi tulisan ini. Sebenarnya bukan males, dan bukan mau cari alasan sih. Meski alasannya pasti banyak. Udah ah, hayuk balik ngeblog lagi aja 😅

    BalasHapus
  4. Wah iya, ini pengingat banget. Ada masanya males banget nulis. Hiks. Ayok, semangat ngeblog bareng, Mbak

    BalasHapus
  5. Samaan ya bu,pas lagi sibuk apa pasti muncul ide nulis ee pas udh longgar mau dtumpahkan ide tadi kok tiba2 macet. Jd mogok lagi deh nulisnya.

    BalasHapus
  6. Aku merasakan hal sama. Padahal jadwal ku cuma seminggu sekali, entah rasanya males. Harus lawan deh rasa males kaya gini huhu

    BalasHapus

Posting Komentar