Konsep Liveble City Sinar Mas Land Untuk Hidup Lebih Baik

Posting Komentar

 

sumber gambar FB Sinar Mas Land


Saat masih kecil saya sering diajak ke rumah nenek, yang letaknya di sebuah pedesaan. Rumah nenek ini pernah menjadi impian saya yang saat itu masih belum banyak mengenal kata modern. Tetapi saya menyebut rumah nenek ini nyaman, pada saat itu rumah nenek terbilang bagus setara dengan  tetangga sekitarnya,  halaman yang cukup luas dan banyak aneka tumbuhan bunga dan buah ada di sana. Kakek seorang guru di sekolah yang tidak begitu jauh dari rumah, hanya bersepeda 10 menitan saja, hubugan dengan para tetangga juga cukup akrab dan guyup. Namun sayang rumah nenek ini agak jauh dari pasar sehingga butuh waktu dan tidak bisa setiap saat berbelanja. Ini kejadian berpuluh tahun yang lalu.

Setelah era demi era berganti, saya perpikir  prinsip kenyamanan rumah nenek akan bisa dilengkapi lagi karena kehidupan modern, yang serba cepat butuh hunian yang memuhi konsep layak huni, dengan memenuhi konsep : Meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan mobilitas, meningkatkan ketersediaan pekerjaan, mengurangi dampak lingkungan , mendorong keterlibatan sosial.

Hingga saya mengenal Sinar Mas Grup  sebuah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, dari perbangkan, industri kertas, sawit dan lain-lain, termasuk Sinar Mas Land di dalamnya.

Sinar Mas Land merupakan salah satu perusahaan pengembang properti di Indonesia, merupakan pionir yang telah menciptakan konsep hunian yang merangkum segala aspek kehidupan yang diperlukan seseorang dalam memilih hunian.

Kemajuan jaman dan era globalisasi mempunyai dampak luas dalam kehidupan manusia, urbanisasi terus saja berkembang. Sehingga diperlukan kota-kota yang layak huni  atau Livable City, yang bukan hanya sebuah gagasan semata.

Dalam konsep Livable City pengembang hunian harus menyediakan beberapa aspek fisik, sosial, ekonomi, dan lingkungan terintregrasi dengan harmonis. Sebuah konsep yang mengakui pentingnya berbagai aspek kehidupan dalah sebuah kota. Bukan saja sebagai hunian, tetapi mencakup tentang pekerjaan, rekreasi, ruang hijau, infrastruktur berkelanjutan, transportasi efisien, layanan kesehatan yang mudah diakses, fasilitas pendidikan, dan rasa komunitas untuk hidup bersosial.

Pinsip-prinsip dasar inilah yang ditangkap dan diwujudkan oleh Sinar Mas Land sebagai perusahaan pengembang properti untuk mewujudkan impian masyarakat modern sekarang, yang menginginkan hidup yang sehat dan sejahtera.

Konsep Liveble City Sinar Mas Land

Liveble City  menyediakan akses yang setara untuk kebutuhan hidup. Seperti hunian yang baik, mobilitas, kualitas hidup, hingga layanan pedidikan serta lingkungan kerja.

Sinar Mas Land sebagai pengembang yang peduli terhadap kehidupan masyarakat yang lebih baik saat ini tengah bergerak menuju pengembangan Liveble City, pada setiap proyek yang dikelola oleh Sinar Mas.

4 pilar dalam konsep Liveble City dalam membangun hunian adalah : Live, Learn, Work, dan Play.

Live, adalah konsep yang mengacu pada sarana dan prasarana pendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, dan keamanan.

Learn, adalah konsep yang mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung pemenuhan kebutuhan pendidikan masyarakat. Seperti sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas. Serta uversitas nasional dan internasional.

Work, adalah konsep yang mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti pusat perkantoran, green office, kota industri, serta area komersial.

Play, adalah konsep yang mengacu pada sarana prasarana yang mendukung pada kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat. Seperti pusat olahraga dan kebugaran, taman rekreasi, exhibition halls, dan juga pusat kuliner.

Konsep Liveble City Sinar Mas Land  seperti di BSD City  ini memberikan rasa kenyaman dan keamanan, sehingga penghuni menjalani kehidupan dengan kemudahan, yang mendatangkan rasa kebahgian untuk tinggal di Liveble City.

Hidup menjadi berkualitas dan bahagia membuat seseorang lebih produktif  dan menjadi manusia berkualitas. Terlebih bagi masyarakat urban modern yang syarat dengan tekanan dan persaingan, hidup berkualitas dan bahagia merupakan impian yang harus diwujudkkan dengan doa dan ikhtiar maksimal.

Dalam era yang serba cepat dan modern ini terkadang membuat hidup menjadi tidak berkualitas, tidak bahagia yang akan menimbulkan banyak efek  negatif, antara lain stres, penurunan kesehatan, penurunan produktifitas, mengganggu keharmonisan keluarga, mengganggu tumbuh kembang anak dan lainnya.

sumber gambar : FB Sinar Mas Land



Proyek Towship Sinar Mas Land

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti terkemuka di Indonesia, dan telah memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun, saat ini telah mengembangkan lebih dari 50 proyek di Indonesia, paham akan kebutuhan masyarakat urban modern dan bagaimana membuat sebuah kota  (towship) yang dapat mendukung hidup  berkualitas yang mendatangkan kebahagian.

Sinar Mas Land telah mengembangkan towship  di berbagai wilayah di Indonesia, seperti di Jabodetabek, Batam, Surabaya hingga di Balikpapan. Proyek hunian yang akan dikembangkan disini dengan rancangan yang cermat akan mengacu pada konsep Liveble City.

Sebuah kota yang layak huni (Liveble City) yang terintregrasi dan menguntungkan saat ini dan masa mendatang, salah satunya adalah BSD City. Dalam mengembangkan Liveble City ini pengembang akan menyediakan kota yang layak huni dilengkapi dengan akses setara dengan kebutuhan hidup.

Konsep kota layak huni ini mempunyai tujuan utama, seperti :

Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan lingkungan yang mendukung akan mendatangkan kualitas hidup yang lebih baik bagi penghuninya, hal ini meliputi penyedian hunian berkualitas, akses yang mudah ke fasilitas pendidikan dan layanan kesehatan, serta ruang terbuka dan tempat rekreasi yang mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif.

Meningkatkan Mobilitas

Dengan meningkatkan mobilitas penghuni seperti menyediakan infrastruktur transportasi yang beragam, termasuk transportasi umum yang efisien, dengan penataan jalan dan trotoar yang  memadai antara pejalan kaki dan pengendara. Serta transportasi yang ramah lingkungan.

Meningkatkan Ketersedian Pekerjaan

Dengan ketersediaan pekerjaan yang berkualitas  di lingkungan hunian , penghuni tidak perlu lagi jauh-jauh ke pusat kota untuk bekerja. Hal ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi , perkantoran dan fasilitas komersial.

Mengurangi Dampak Lingkungan

Seperti kita ketahui dampak lingkungan akan gas emesi menjadi isu yang sedang hangat dibicarakan.  Liveble City diharapkan dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, melalui desain yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Seperti penggunaan energi yang efisien, manajemen limbah yang baik, pemanfaatan ruang hijau dengan tanaman yang yang bisa mengurangi gas emisi sehingga menghasilkan kualitas udara dan lingkungan yang baik.

Mendorong Keterlibatan Sosial

Konsep ini untuk mendukung terbentuknya komunitas yang kuat dengan menyediakan ruang publik dan fasilitas sosial yang mendukung interaksi antar penduduk. Sehingga memperkuat rasa memiliki, saling pengertian, dan kolaborasi antar warga.

Kota layak huni ini juga mencakup inklusitas, di mana semua warga, termasuk kelompok marginal dan rentan dapat merasakan manfaat dari fasilitas dan layanan yang disediakan kota ( pengembang).

Inklusitas ini bisa diwujdkan dalam bentuk aksebilitas fisik, dengan menyediakan akses yang mudah bagi semua orang , termasuk mereka disabilitas fisik, seperti pembangunan trotoar yang dapat dilalui kursi roda, penggunaan rambu-rambu braille, dan fasilitas toilet yang sesuai. Menyediakan pilihan hunian yang terjangkau bagi berbagai lapisan masyarakat.Membangun sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus sebagai siswa. 

Mengembangkan sarana pelatihan yang mudah dan murah, membangun kawasan industri dan pusat pekerjaan yang dapat diakses semua lapisan masyarakat, sarana publik yang dapat diakses anak dan lansia, serta mendengarkan masukan dari berbagai kelompok masyarakat guna memastikan bahwa kebutuhan dan aspirasi semua warga terakomodasi.

Upaya inklusivitas ini merupakan bagian penting, agar  tercipta lingkungan perkotaan yang beragam dan adil, dan berkelanjutan. Semua warga merasa diperhatikan dan dihargai dan memiliki peluang untuk berkembang.

 

 

 

srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

Posting Komentar