HOLDING UMi Transformasi Digital BRI Untuk Memberdayakan Ultra Mikro dan UMKM INDONESIA

13 komentar

 



sumber YouTube BRI


 

Siapa sih yang tak mengenal BRI , yaitu sebuah perseroan yang bergerak dalam bidang perbankan yang mudah kita temui di seluruh pelosok tanah air.

Jadi ingat ketika saya masih tinggal di sebuah desa di ujung selatan Pulau Borneo, dengan akses  menuju desa yang hanya bisa  dilalui dengan kapal kecil namun tidak membuat desa itu menjadi terpencil. Karena geliat ekonomi di desa tersebut tidak bisa diremehkan, bahkan melebihi kota kecil.  Karena adanya tambang dan perkebunan sawit membuat banyak pendatang yang masuk kesana, sehingga transaksi dan jual beli berjalan cepat.

BRI menjadi satu-satunya bank yang mendirikan cabang pembantu di desa itu. Hampir setiap hari banyak orang mengantri untuk menyelesaikan masalah perbankan disana, hingga akhirnya dibukakan mesin ATM di halaman gedung BRI tersebut. Ini cerita sudah terjadi lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

Karena setelah saya pindah lagi ke Jawa, seorang teman mengabarkan bahwa dia sudah tak perlu susah-susah lagi untuk bisa mendapatkan layanan perbankan dari BRI. Sudah ada banyak AgenBRILink  yang bisa melayani berbagai keperluan pembayaran dan keuangan. Selain itu sudah hampir semua orang memegang gadget dan bisa melalukan urusan perbankan hanya dengan gadgetnya.

Kenapa sih BRI bisa begitu dekat  dengan masyarakat Indonesia sampai ke akar rumput ? Bila mengingat sejarah BRI yang didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja pada tahun 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah. Saat itu masih menggunakan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank  der Inlandsche Hoofden bertujuan membantu masyarakat pedesaan sehingga didirikanlah Bank Rakyat Indonesia oleh keperjayaan kolonial Belanda di Banyumas.

Konsep Hibryd Bank

Perubahan pola pikir masyarakat dalam bertransaksi dan menikmati layanan perbankan menjadi hal yang tak terpisahkan dari transformasi digital. Walaupun belum seluruh segmen masyarakat tersentuh dan melek akan literasi digital. Untuk itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyediakan layanan perbankan yang dapat diakses oleh seluruh segmen masyarakat.

BRI terus berupaya membawa efisiensi dalam operasionalnya melalui strategi digitalisasi. BRI menerapkan konsep hybrid bank, untuk memastikan masyarakat yang belum terlalu familiar terhadap digitalisasi tetap bisa terlayani.

Melalui riset dan survei masyarakat micro finance di Indonesia, dapat diketahui bahwa mereka sudah paham  dengan alat-alat digital, melalui  gadgetnya, namun mereka kurang mengerti akan  produk keuangan digital. Sehingga BRI menyediakan layanan digital kombinasi , yaitu mengkombinasikan layanan digital dan manual, yang disebut dengan hybrid.

Sebagai contoh hybrid bank strategy adalah adanya AgenBRILink. Melalui agen ini bisa menjawab karakeristik nasabah, sehingga peran AgenBRILink ini sangat penting dalam  perputaran roda perekonomian serta kehidupan masyarakat.

AgenBRILink tidak mengenal hari libur dalam melayani masyarakat. Melalui fitur-fitur yang dapat dinikmati seperti, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telpon, pengisian pulsa dan data internet, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya.

Hingga September 2023, BRI memiliki 698 ribu AgenBRILink yang tersebar di lebih dari 59 ribu desa, atau telah mengcover 80 % dari total seluruh desa di Indonesia, dengan total transaksi mencapai Rp 1.163 triliun atau meningkat 20,77%.

Salah satu implementasi layanan digital dibuktikan dengan  super apps BRImo, yang tercatat sudah mempunyai 29,8 juta user pada September 2023 dengan nilai transaksi tumbuh mencapai 66,87 %.  Artinya  transaksi lewat BRImo mencapai nominal Rp 2.984 triliun. Lebih kerennya lagi, super apps ini sudah mempunyai lebih dari 100 fitur  sehingga diharapkan dapat semakin mudah digunakan oleh masyarakat. BRImo menjadi mobile banking yang paling banyak diunduh dan mendapat review  positif.

Transformasi digital ini diharapkan dapat mendongkrak industri perbankan dengan cepat, meningkatkan inklusi keuangan, dan memberdayakan Usaha Ultra Mikro, Mikro, Kecil, dan Menengah yang merupakan salah satu fokus utama BRI.

Transformasi Digitalisasi HOLDING Ultra Mikro.

dok. BRI, UMi menyentuh sampai mikro personal


Langkah  BRI  dalam  Holding Ultra mikro atau UMi ini sejalan dengan transformasi Digitalisasi BRI, yang  diimplementasikan oleh BRI secara group.

Terbaru, BRI  bersama Pegadaian dan PNM  belum lama ini meluncurkan aplikasi SenyuM Mobile.  Terobosan ini untuk menghadirkan akses merata dan terintegrasi terhadap layanan keuangan formal.   Aplikasi ini dapat diakses oleh seluruh segmen masyarakat. Khususnya segmen ultra mikro yang menawarkan kemudahan terhadap akses berbagai produk dan layanan keuangan formal 3 entitas holding (BRI, Pegadaian , PNM).

Aplikasi SenyuM Mobile diharapkan dapat  meningkatan inklusi keuangan serta taraf hidup masyarakat. Dengan demikian SenyuM Mobile dapat  memainkan peran strategis dalam menjangkau masyarakat ultra mikro sampai lapisan paling dalam.

Masyarakat dapat mengakses layanan keuangan 3 Entitas  sekaligus , secara langsung dimanapun dan kapanpun  diperlukan dalam menjalankan usahanya, khususnya untuk produk simpanan dan investasi. Sehingga akses keuangan formal terasa lebih udah dan dekat.

BRI juga melakukan transformasi culture untuk mengakselerasi penetrasi layanan, Holding UMi membentuk tim sinergi budaya kerja yag dinamai “ BRIGADE MADANI”.

BRIGADE MADANI ini merupakan akronim  dari BRI, Gade (Pegadaian) dan Madani  (Permodalan Nasional Madani) yang bertujuan untuk menginternalisasi Core Values AKHLAK,  mengakselerasi pencapaian target bisnis dan strategic initiatives, untuk memperkuat ketangguhan UMKM dan akselerasi inklusi keuangan.

Holding UMi diharapkan mampu melayani nasabah baru di segmen ultra mikro dan menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Usaha ultra mikro yang sebelumnya susah mendapatkan pembiayaan formal , dengan kehadiran UMi diharapkan akan mendapatkan akses jauh lebih mudah terhadap pembiayaan untuk menjalankan usaha mereka.

Melaui proses empowering  people dengan menyentuh kelompok usaha yang belum terjangkau jasa perbankan atau unbankable. 

Holding UMi juga memberikan pendampingan, pembinaan, peningkatan skill, juga membuka akses pasar sehingga usaha mereka bisa naik kelas dan  berkembang yang membawa dampak positif untuk kesejahteraan pelaku usahanya.

BRI sebagai induk dari Holding UMi ini bisa disebut sebagai Pahlawan UMKM yang akan terus menggandeng pelaku usaha UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang. Agar keadilan perekonomian dapat merata di seluruh segmen masyarakat sebagai wujud slogan  BRI Untuk Indonesia

srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

13 komentar

  1. Bank BRI adalah bank besar yang punya jutaan nasabah yang dilayani dengan pelayanan setulus hati setiap harinya. Gak nyangka, Bank BRI sudah mau umur 128 tahun dan terus berinovasi menghadirkan layanan yang cemerlang dan inovatif kepada para nasabahnya. Keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkenjung kesini Pak Rahman, iya jauh di atas umur Republik Indonesia malah. Aamiin, semoga bisa selalu diandalkan para nasabahnya...

      Hapus
  2. Sesuai dengan namanya, BRI memang bank rakyat. Tersedia di hampir seluruh pelosok negeri kita dengan layanan lengkap perbankan. Ternyata dulu didirikan di Purwokerto ya. Jadi tahu sejarahnya nih, bun. Alhamdulillaah kini dengan kehadiran aplikasi SenyuM Mobile, BRI semakin canggih dan melayani rakyat lebih hebat lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung kesini, Mbak Nurul. Iya BRI justru lahir di kota Purwokwerto saya juga baru tahu setelah membaca sejarah BRI. Semoga BRI tetap bisa dandalkan nasabah dalam berbagai kebutuhan perbankan.

      Hapus
  3. banyak juga ya programnya BRI ini. menarik dan bermanfaat buat masyarakat supaya lebih berdaya. semoga banyak yang merasakan manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamii, terima kasih Mbak Deamerina telah berkunjung kemari....salam hangat selalu..

      Hapus
  4. makin banyak aja layanan BRI ini, apalagi sekarang bisa mendukung aktivitas UMKM pasti banyak yang membutuhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bank harus selalu ada inovasi baru di era digital seperti ini ya, Mbak . Semoga UMKM banyak yang terbantu ya, Mbak..

      Hapus
  5. BRI memang betul-betul bank rakyat Indonesia ya, sampai pelosok pun berusaha dijangkau untuk mengenal perbankan seperti adanya Agen BRILink. Apalagi ada Holding UMi, mendukung pelaku umkm di daerah untuk berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mbak, dulu pas saya masuk ke Kalimantan aku pikir bisa mengandalkan rekeningku di bank yang banyak cabang di Jawa, namun di pedesaan yang berlaku hanya rekening BRI. Terima kasih sudah berkunjung kesini Mbak

      Hapus
  6. BRI memang bank untuk rakyat Indonesia ya, jangkauan layanannya hingga pelosok desa, fiturnya sangat mudah diikuti oleh warga desa terpencil Sekarang ada agen BRI jadi kolaborasi dengan masyarakat untuk masyarakat

    BalasHapus
  7. Betul banget Mbak Dew, warga kelas pedesaan dan kecil pun sekarang bisa menjangkau layanan BRI , Terima kasih sudah berkunjung kemari Mbak...

    BalasHapus
  8. Banyak sekali ya terobosan bank yang satu ini yang memang ada hingga pelosok negeri. Saya sendiri menggunakan hanya sebatas penggunaan rutin saja

    BalasHapus

Posting Komentar