Angkringan Pak Irik, Angkringan Pilihanku di Kota Kudus

Posting Komentar

 

Angkringan Pak Irik/ dokpri


Berbicara mengenai angkringan kita biasanya langsung teringat akan makanan yang murah meriah yang di jual di pinggir jalan dengan menggunakan angkring. Dulu angkring itu berupa gentong tempat makan yang dipikul dengan kayu, bila sedang berjalan kedua gentong ada di kanan kiri pundak penjualnya. Namun semakin berkembangnya jaman angkringan sudah tidak dipikul atau dipanggul lagi, namun sudah berupa gerobak yang diberi roda sehingga mudah dibawa kesana-kemari.

Semakin berkembangnya jaman, angkringan sudah seperti warung makan, karena tempatnya menetap tidak perlu dibawa keliling keluar masuk kampung. Bahkan sekarang menjadi tempat nongkrong favorit anak muda, apalagi hampir semua pemilik angkringan menyediakan Wifi gratis, untuk nongkrong sambil berselancar di Hp.

Angkringan biasanya mulai buka sore menjelang maghrib sampai tengah malam. Ada juga angkringan yang bertransformasi menjadi sebuah cafe, selain menyediakan tempat yang nyaman , Wifi juga live musik. Hal ini yang paling disukai anak-anak muda untuk berkumpul hingga tengah malam. Namun sebagian besar angkringan masih memanfaatkan emperan toko yang hanya buka di siang hari sehingga pada malam hari emperannya bisa digunakan untuk berjualan angkringan.

Menu Angkringan

menu angringan Pak Irik / dokpri


Menu khas angkringan adalah aneka nasi yang dibungkus kecil-kecil atau biasa disebut dengan nasi kucing, dengan pilihan lauk bermacam-macam, seperti : kering tempe, kereng tahu, oseng rempelo hati, kering teri pedas, oseng kikil pedas, nasi mercon, oseng peda, oseng cumi dan lain sebagainya. Aneka gorengan, seperti : pisang goreng, mendoan, tahu bakso, bakwan sayur, bakwan jagung, tempe gembus, risoles, tahu petis, tahu walik, pisang karamel,getuk goreng, martabak, tahu susur, mie hun, dan lain sebagainya. Aneka sate, seperti : sate telur puyuh, sate telur gulung, sate usus ayam, sate hati ayam, sate kerang, sate hati bebek, sate cungor kerbau, sate usus bumbu kacang, sate jengkol, sate sosis, sate bakso, sate scollap, sate ayam, sate jamur. Aneka minuman panas, seperti wedang ronde, wedang sekoteng ronde, wedang sekoteng, wedang jahe, wedang jahe susu, wedang roti, wedang blung, wedang uwuh, wedang roti jahe, wedang tape,teh panas, jeruk panas, aneka minuman susu, wedang kopi dengan berbagai variasi dan kekhasan kopi yang berbeda-beda, kopi jahe. Aneka minuman dingin ini variasinya sama minuman hangat tinggal ditambah dengan es saja ditambah es soda gembira, es teler, es campur dan lain sebagainya seperti minuman saset beraneka macam.

Pada saat ini angkringan sudah menjamur di berbagai sudut kota dan desa di berbagai kota di Jawa Tengah dan DIY. Untuk kota Kudus sendiri bukan hanya angkringan- angkringan yang ada di pusat kota yang ramai sampai tengah malam di berbagai kecamatan juga sudah banyak angkringan yang selalu rampai anak muda. Terutama di daerah sepanjang menuju Gunung Muria, dengan kekhasannya menjual kopi Muria dan gethuk goreng Kajar. Jarak antar angkringan pun semakin dekat dengan menjamurnya bisnis ini.

Namun demikian  ada Angkringan Favorit di Kudus

Angkringan Pak Irik

Angkringan ini terdapat di Jalan Mayor Basuno No.30, Sunggingan, Ploso, Kecamatan Jati Kabupaten Kudus, buka setiap hari dari jam 17.30. sampai 01.00 tengah malam. Angkringan ini sangat padat pengunjungnya setelah maghrib sampai malam, jadi lumayan susah mencari tempat parkir kalau membawa mobil, namun jangan kawatir karena ada tukang parkir yang akan mengarahkan. Angkringan ini sudah dikelola generasi kedua dari yang semula dikelola bapaknya, yaitu Pak Irik.

Kelebihan dari Angkringan menunya lumayan lengkap, dari aneka nasi bungkus dengan berbagai jenis lauknya, namun yang special di sini adalah nasi mercon yaitu nasi dengan lauk oseng kikil kerbau yang pedas. Selain itu nasinya di angringan ini lumayan banyak jadi untuk seperti aku tidak perlu nambah lagi, harga nasi plus lauk rata-rata Rp 4500 ,- per bungkus kita sudah kenyang ditemani aneka sate : sate ayam, sate telur puyuh, sate telur gulung, sate usus, sate kerang, sate jengkol, sate kikil. Aneka gorengan kerupuk dan peyek. Ditemani dengan wedang panas pilihan kita seperti wedang ronde, wedang sekoteng, wedang roti dan lain sebagainya, pilihannya lengkap.

Setelah kita mengambil pilihan makanan di meja tinggal banyar dan mencari tempat yang nyaman untuk menikmati hidangan.

Angkringan Pak Irik ini jarang digunakan untuk nongkrong berjam-jam anak muda karena tempatnya terbatas dan yang beli lumayan padat.

menikmati hidangan di Angkringan P Irik bersama teman2 /dokpri


Demikian sekilas tentang angkringan di Kota Kudus, semoga lain kali bisa kita sambung lagi dengan mengulas angkringan-angkringan lain dengan segala kelebihannya.

 

srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

Posting Komentar