Hobi Yang Bisa Menghasilkan Buatku Adalah Menulis

Posting Komentar

 

koleksi pribadi


 

Awalnya dulu suka menulis memang hanya untuk menyalurkan kegabutan saja, iseng-iseng menulis di Facebook setelah punya akun FB. Lama-lama dari circle pertemanan aku mengenal banyak penulis sungguhan yang menjadikan aku lebih bersemangat. Apalagi setelah punya akun Kompasiana, rasanya ada saja bahan untuk di tulis pada waktu itu. Menulis hanyalah sebagai hobi saja, suka-suka saja. Kalau suka ya menulis kalau lagi nggak mood juga nggak menulis, karena tak ada bayaran jadi suka-suka aja lah.

Seeiring bergulirnya waktu aku banyak mengenal teman-teman penulis yang hebat-hebat, baik dari segi semangatnya maupun karyanya, melalui pertemanan di media sosial.

Aku yang semula hanya menulis fiksi saja mulai bergeser menulis review-review atau tulisan lainnya non fiksi. Berbagai komunitas kepenulisan pun aku ikuti untuk memacu semangat menulisnya.

Akhirnya aku mengenal apa itu blogger dan apa bedanya dengan punulis biasa. Yang jelas blogger adalah orang yang suka menulis di blog. Dengan niche tertentu seorang blogger akan menentukan topik-topik apa yang hendak ditulis.

Dari komunitas-komunitas blogger inilah akhirnya aku memperoleh info job untuk blogger, mulai yang posting tulisan di blog , maupun posting di media sosial seperti Instagram, Tik Tok, Twitter maupum IG real.

Walaupun tidak sesering mungkin job aku peroleh karena kondisi blogku yang masih berantakan namun saat ini aku berusaha untuk memperbaiki dan menulis dengan bergabung dengan Komunitas Blooger Semarang Gandjel Rel sehingga blog aku tidak kosong tulisan berbulan-bulan seperti sebelumnya.

Karena job untuk blogger biasanya mentok dengan DA/ PA tinggi yang belum aku peroleh, jadi aku akan berusaha dulu memperbaiki tulisan, dan juga niche yang lebih mengarah satu macam saja, bukan campur-campur seperti kondisi blog aku saat ini.

Selain dari tulisan di blog, sekarang banyak juga tawaran-tawaran job dari media sosial lain seperti Twitter, Instagram maupun Tik Tok jadi sebagai seorang blogger kita harus merawat media sosial kita juga. Buat aku sendiri selama ini yang lebih sering menghasilkan justru lewat Twitter dan Instagram.

Semoga ke depannya akan banyak job yang bisa kita peroleh dengan memperbaiki blog dan media sosial yang kita punya.

Jadi kalau aku sering buka hp, jangan dikira hanya main-main saja ya...

srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

Posting Komentar