Dampak Bermain Lato-lato Secara Berlebihan itu Berbahaya

6 komentar

 

 


<a href="https://id.pngtree.com/so/bermain-lato-lato">bermain lato lato png dari id.pngtree.com</a>



Assalamu”alaikum, selamat memasuki tahun baru 2023 walaupun terlambat namun tulisan ini adalah tulisan pertamaku di tahun 2023. Jadi ijinkan dulu aku mengucapkan tahun baru 2023 bagi pembaca blog setia.

Memasuki tahun baru 2023 ini aja jenis permainan yang sedang viral, permainan dari dua bola kecil yang dihubungkan dengan seutas tali yang kemudian dua ujung tali itu disatukan. Cara bermain permainan ini pun sebenarnya mudah, hanya menggoyangkan ujung tali kemudian kedua bola kecil itu akan saling berbenturan dan menimbulkan suara tek-tek-tek..

Permainan yang kemudian viral dengan nama Lato-lato itu sebenarnya permainan jadul yang sudah ada sejak jaman aku sekolah, entah berapa tahunnya lupa. Dulu nama permainan ini bukan lato-lato namun anak-anak di sekitarku menyebutnya tok-tok karena benturan kedua bola kecil itu mengeluarkan suara tok-tok.

Bola kecil berbahan plastik dan atom itu cukup keras berbenturan jadi bisa berbahaya bila mengenai anggota tubuh pemainnya, terutama anak-anak. Karena kencangnya benturan bisa menimbulkan lebam atau bahkan luka pada kulit. Selain menimbulkan lebam, benturan dua bola kecil ini bisa menimbulkan serpihan plastik kecil bila bahan bola lato-lato ini kurang bagus. Serpihan itu bisa saja mengenai mata atau masuk ke dalam mata anak yang memaninkannya bila jarak memainkannya terlalu dekat dengan mata.

Seperti sebuah berita yang dilansir TribunKaltim, Bocah Ini Dioperasi Karena Permainan Lato-Lato, Pecahan Serpihan Masuk ke Mata. Dng anak dalam berita itu dijelaskan bahwa seorang anak berusia 8 tahun terpaksa harus menjalani operasi mata setelah bermain lato-lato. Kejadian ini menimpa seorang anak di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Serpihan lato-lato yang menancap di matanya menyebabkan matanya merah, sehingga oleh orang tuanya dibawa ke Rumah Sakit dan mendapat rujukan ke RSUD Soedarso dan ternyata harus melakukan operasi untuk mengambil serpihan plastik lato-lato di matanya.Beruntung mata anak ini masih bisa diselamatkan walau berdampak pandangan matanya menjadi buram beberapa lama.

Suara Lato-lato Bikin Bising

Selain menimbulkan dampak langsung pada tubuh, permainan lato-lato ini juga menimbulkan kebisingan, coba bayangkan di daerah-daerah padat penduduk suara tek-tek lato-lato itu menjadi mendominasi suara yang ada, bahkan hampir 24 jam suara itu terus menggema. Saya tak tahu siapa dan di mana ada orang bermain lato-lato karena hanya suaranya saja yang terus menggema menimbulkan kebisangan mengganggu ketenangan.

Bahkan saat sedang boomnya permainan ini kita susah mencari tempat yang tanpa terkontaminasi suara lato-lato. Bagaimana dengan kebisingan suara lato-lato ini di tempat kalian, kasih komentarnya dong...

Walaupun begitu, sejenak permainan lato-lato ini bisa menyita perhataian anak-anak sehingga bisa berpaling dari ketergantungan bermain gatget. Namun permainan ini pun sebenarnya tidak baik bila dimainkan tanpa mengenal waktu dan terus – menerus.

Karena memang segala sesuatu bila dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. Untuk itu sebaiknya sebagai orang tua kita bisa mengarahkan permainan apa saja yang bisa membawa dampak baik anak-anak kita ke depannya.

Bagimana apa kamu juga salah seorang pecandu permainan lato-lato atau bahkan orang yang merasa terganggu adanya suara lato-lato yang bikin bising.

Dampak bermain lato-lato secara berlebihan  menjadikan anak tidak ingat waktu, untuk belajar, beribadah dan melakukan kegiatan positif lainnya.

Semoga kita para orang tua bisa ikut mendampingi anak-anak bermain, sehingga anak bisa disiplin waktu, memilah-milah waktu dengan baik demi masa depannya sendiri.



srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

6 komentar

  1. Nah, ini dia pembahasan penting buat kita 😀 Kan di televisi ramai cerita pilu anak2 korban lato2 ya bun. Sakit banget katanya kalau si bola lato2 kena kepala. Ga bisa dijadikan bahan bercandaan dong yaa. Apalagi jika sampai kena mata duuuhh kasihan 😭 Pro dan kontra nih tiap provinsi kok beda2 kebijakannya ya?

    BalasHapus
  2. Lato-lato sebenarnya bagus manfaatnya ya melatih koordinasi mata dan tangan anak tapi sekarang berlebihan hingga mengganggu ketentraman karena berisik hehe

    BalasHapus
  3. Sebenernya main lato-lato bagus juga karna anak jd nggak main hp lg hehe tp sygnya lumayam banyak juga efek buruknya di lingkungan. Selain berisik juga kadang bahaya kalo bolanya kepas dr talinya

    BalasHapus
  4. Belum pernah main latto-latto, tapi dah kebayang itu mainan pasti lumayan juga kalau kena muka atau bahkan mata dalam kecepatan tinggi

    BalasHapus
  5. Wahhh emang nih permainan rebranding lagi. Jamanku dulu namanya tek tek. Viral banget emang. Sekarang malah ada peringatan di sekolah anak-anak larangan bawa latto-latto. Yah emang ganggu banget, jadi istirahat main mulu, takutnya kan ada dampak yang bahaya kaya di artikel2 gitu. Tapi kalo sesekali main yah ngga papa lah. heheh.

    BalasHapus
  6. Mungkin karena anak zaman sekarang pake ada apa sih istilahnya kayak tarung-tarungan gtu jadinya sengit permainannya. Main secukupnya aja dengan pengawasan ortu aja kali ya

    BalasHapus

Posting Komentar