Navya Arma, First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City

7 komentar
AV Navya Arma , foto SML Blogger group



Siapa sangka khayalan masa kecil tentang kendaraan tanpa awak kini sudah nyata adanya, apalagi ini kendaraan listrik . Benar-benar the real dream.  Kendaraan ini diberi nama Navya Arma dan menjadi first Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City. Sebagai persembahan dari Sinar Mas Land, Navya Arma merupakan Bus Otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City.

AV at GOP, BSD City foto SML Blogger group

Bagaimana kendaraan tanpa awak ini bisa berjalan dengan aman mengantarkan penumpang. Tak perlu meragukan keamanan dari Navya Autonom® Shuttle ini telah dilengkapi dengan alat-alat canggih. Adanya beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS ( Global Navigation Satellite Systems), sensor LIDAR ( Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis. Kemudian akan diproses oleh komputer yang mempunyai spesifikasi tinggi yang tertanam dalam kendaraan. Sehingga kendaraan tanpa awak ini mempunyai kemampuan mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/ waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, mengerem secara otomatis. Jadi Navya Arma mampu mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya untuk keamanan berkendara. Seperti menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom. Tak perlu lagi deh untuk meragukan segi keamanan Navya Arma ini. 

AV Otomatis tanpa awak, foto SML  blogger group


Navya Autonom® Shuttle ini memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam – durasi yang lumayan panjang hampir setengah hari. Kendaraan listrik ini berdimensi 4,7 m x 2,1 m dan bisa menampung 15 orang penumpang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.
AV dengan kapasitas 15 orang, foto SML blogger group



Kendaraan listrik otonom ini hadir sebagai wujud komitmen Sinar Mas Land dalam memberikan kontribusi terhadap tercapainya The Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), salah satu cakupan SDGs adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan dan pembangunan dengan mempertimbangkan kualitas lingkungan hidup. 
Dengan peluncuran First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City diharapkan memenuhi target tersebut. Navya Arma yang inovatif ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk membangun smart city dengan green energy atau energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Pengoperasian autonomous electric vehicles (AV) pertama di Indonesia ini memperkuat ekosistem digital di BSD City setelah dibangunnya Digital Hub seluas 25 hektar sebagai kompleks perkantoran yang futuristis. Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation bersama dengan MACNICA Inc. Uji coba tahap pertama Navya Autonom Shuttle di Q-big BSD City pada bulan Mei hingga Juli lalu, namun jangan kawatir bila kamu belum pernah mencobanya karena uji coba akan dilanjutkan di kawasan BSD Green Office Park (GOP) pada 27 Agustus 2022 hingga 5 Januari 2023 mendatang, jangan sampai ketinggalan untuk mencobanya. 

Bpk Budi Sumardi berapresiasi pada pameran G20 Summit, foto SML blogger group

Kehadiran AV sejalan dengan visi hijau kawasan GOP yang telah tersertifikasi sebagai Green Mark District pertama di Indonesia dari Building Construction Authority (BCA) Singapura. Bukan itu saja, karena seluruh gedung perkantoran yang dibangun di dalamnya juga telah mendapat sertifikasi sebagai green building dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memberi perhatian terhadap upaya ini, karena dinilai mampu mewujudkan transportasi masa depan bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Indonesia. Pada peresmian uji coba AV tersebut, beliau juga menyampaikan harapannya agar inovasi teknologi terbaru dapat dipamerkan di G20 Summit yang digelar di Bali pada bulan November lalu. Sehingga Autonomous Vehicle telah dipamerkan dalam Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali sebagai official side event G20 Summit. 
Irawan Harahap beserta tim AV, foto SML blogger group


Irawan Harahap, selaku Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land mengatakan : 
 “ Perkembangan ekosistem kendaraan listrik tanpa awak ini memperkuat semangat untuk mewujudkan komitmen Sinar Mas Land dalam menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon serta mendorong kehidupan yang berkelanjutan. Kami menyaksikan inovasi AV ini hadir dengan memiliki fitur yang smart technology, selain itu transportasi cerdas ini juga menjadi alternatif moda transportasi baru untuk melayani mobilitas masyarakat. Kecanggihan vitur yang dimiliki AV ini juga merefleksikan gaya hidup yang akan kami hadirkan di BSD City dalam transportasi kota mandiri sebagai smart integrated digital city, khususnya di ekosistem Digital Hub yang sarat dengan teknologi digital.” 

Cara Mencoba Navya Autonom Shuttle Gratis 

naik AV Gratis, foto SML blogger group

Pada uji coba tahap kedua ini, AV tetap beroperasi setiap hari Selasa-Minggu pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. 
Masyarakat umum dapat mencoba secara gratis tanpa biaya tambahan apapun sampai tanggal 5 Januari 2023 mendatang. 
Bagaimana caranya : 
Calon penumpang hanya perlu mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan AV, melalui aplikasi OneSmile yang tersedia di Apple App Store maupun Google Playstore. Untuk anak-anak yang mempunyai tinggi badan minimal 120 cm juga bisa mencobanya tentu saja dengan didampingi orang tua. Setelah itu kita bisa naik AV dari lobby utama The Breeze. Kalian sudah tahu kan The Breeze dimana. The Breeze adalah tempat modern dengan restoran internasional, pujasera, bioskop dan art galery yang ada di BSD City. Jangan lewatkan kesempatan emas untuk mencoba mode transportasi paling canggih ini mumpung gratis sambil menikmati keindahan kawasan BSD City sebagai kota masa depan. 
Selain bisa ditumpangi secara gratis, selanjutnya AV Navya Arma juga akan dipamerkan di area The Breeze dari tanggal 22 Desember 2022 hingga 4 Januari 2022. Sempatkan untuk berkunjung kesana bersama keluarga agar tahu kecanggihan mode transportasi terbarukan Autonomos Vehicle pertama di Indonesia Navya Arma.

Selamat mencoba....
srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

7 komentar

  1. Kendaraan imut ini bisa muat 15 org? Rada shock sih karna aku kira kapasotasnya kecil hehe. Pengen cobain naik mobil listrik yg nggak ada drivernya. Kayaknya rada ngeri ya 😅 waswas terus gtu

    BalasHapus
  2. Bus imut tapi tangguh ya bisa mengangkut penumpang tanpa supir tuh benar-benar amazing dan juga ramah lingkungan karena bukan BBM ya energinya

    BalasHapus
  3. Ngeri nggak ya kalau naik bus ini. Kan nggak ada sopirnya. Bagaimana seandainya jalan di jalan raya dengan lalu lintas yang padat?

    BalasHapus
  4. Wah di BSD GOP masih bisa uji coba naik bus ini ya, Mbak. Jadi penasaran deh, gimana deg-degannya kalo naik bus tanpa driver. Hehe.

    BalasHapus
  5. ini trayeknya di sekitaran BSD aja kah? seru juga udah sampe masa depan kitaaa 😍 semoga busnya bisa merata se-Indonesiaa

    BalasHapus
  6. Keren nih teknologinya. Desain bus nya juga lucu banget. Semoga segera ada di Surabaya juga

    BalasHapus
  7. Kendaraan ramah lingkungan begini sangat pantas diapresiasi. Antara deg deg an dan penasaran buat naik kendaraan tanpa awak ini.

    BalasHapus

Posting Komentar