Blogger Ghatering & Workshop SEO di Mall Terlengkap di Semarang

Posting Komentar

 

penulis di kamar Deluxe, Hotel Rooms Inc Semarang


Hari Sabtu, 19 November 2022 jam 07.00 pagi, aku dan Mbak Lia berangkat dari Kudus meluncur ke Semarang, kita akan menghadiri Semarang Blogger Gathering dan SEO Workshop 2022 yang di selenggarakan oleh Sinar Mas Land dalam rangka memperkenalkan proyek Sinar Mas Land di Semarang, yaitu Rooms Inc yang terletak di kawasan DP Mall Jl. Pemuda No. 150 Sekayu, Semarang.

Syukurlah jam 8.30 sudah masuk kawasan Jalan Pemuda, kami yang berasal dari luar kota tidak mengalami kesulitan menemukan hotel Rooms Inc, apalagi letaknya dekat banget dengan kawasan Tugu Muda dan Lawang Sewu Semarang, tempat yang sangat strategis buat jalan-jalan di Kota Semarang dan terletak di jalan utama ibukota provinsi Jawa Tengah ini.

Kami disambut dengan ramah oleh petugas dan ditunjukan tempat acara akan berlangsung, yaitu ada di lantai 2 sebelah resepsionis hotel. Untung masih sepi karena dari luar kota kami perlu mempersiapkan diri dan yang penting foto-foto terlebih dahulu.

Jam 09.00 pagi, sebelum acara dimulai kami sudah disuguhi kopi, teh dan kudapan untuk pengisi perut. Alhamdulillah biar rasa kantuk hilang..

bareng Mba Wati di depan resto, foto dokpri


Acara di buka oleh Pak Harris Maulana selaku Public Relation Channel Head President Office Sinar Mas Land, dengan memperkenalkan apa saja sih cakupan bisnis Sinar Mas Land. Ada ITC, BSD City, jalan tol, kampus, rumah sakit dan sebagainya.

Dilanjutkan penjelasan dari Mbak Verseveranda Vey selaku Director of Sales & Marketing dari Rooms Inc hotel tentang penamaan tempat-tempat tematik di hotel Rooms Inc, seperti full moon, half moon dan cress moon jadi  bila kita ingin menikmati bulan dari sudut mana, ada tempatnya tersendiri di hotel ini. Sedangkan tipe kamar Rooms Inc hotel ada Standart, Deluxe dan Superior, yang semuanya ada 162 kamar.

foto di beranda hotel tampak Lawang Sewu, foto dokpri


Hotel Rooms Inc yang terletak di kawasan jantung kota Semarang di berdekatan banget bisa jalan kami saja sekitar 5 menit ke Kawasan Wisata Bersejarah Lawang Sewu , dan yang lebih menyenangkan hotel ini menempel dengan DP Mall jadi tak perlu jauh-jauh tinggal turun lift kita sampai di DP Mall dan Transmart, kita bisa ngemall atau menikmati hidangan khas Kota Semarang di Mall Terlengkap di Semarang ini.

Saat diajak room tour keliling Hotel Rooms Inc, betapa menyenangkan ada di hotel ini perpindah dari tempat satu ke tempat lain disuguhi spot-spot yang unik, menarik dan instagramable. Cara melewati pintu-pintu yang terkunci pun unik karena bisa dibuka dengan aplikasi jadi tak perlu kunci fisik lagi.

buka pintu pakai aplikakasi kunci, foto dokpri


Ketika masuk ke kamar standart kamarnya bersih dan mewah,  di kamar mandi sudah dilengkapi dengan hair dryer, ada telivisi dan lain-lain dengan harga mulai 400 ribuan. Sedangkan untuk tipe Deluxe kamarnya lumayan luas 32 M3 selain bad untuk tidur ada sofa dekat jendela bila kita hendak menikmati pemandangan luar ada juga kursi santai, telivisi dan kamar mandi yang lumayan luas dengan perlengkapan mandi yang lengkap seperti handuk mandi, pernak-pernik mandi, hair dryer dan timbangan badan, dengan harga sekitaran 800 ribuan saja.

Sesi SEO Workshop

Bang Dzul pemateri SEO Workshop, foto dokpri


Sebagai blogger belajar tentang SEO penting banget, agar kita tidak sekedar nulis, tidak tepat sasaran dan tidak terbaca oleh mesin pencari google sehingga tidak terbaca orang lain, sayang kan.

Kali ini kita belajar bersama Bang Dzulfikar A, yang menjabat sebagai Businness Analyst di Sinar Mas Land. Sebenarnya saya sudah lama mengenal Bang Dzul ini sebagai sesama Kompasianer namun belum pernah bertemu, baru kali ini bisa bertemu sekaligus menimba ilmu dari beliau.

SEO  atau Search Engine Optimization , adalah mesin pencari web, merupakan program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian informasi dari dokumen atau berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp.

Saat ini ada banyak mesin pencari yang digunakan user di seluruh dunia. Seperti : Google, bing, Yahoo! , Yandex, Baidu, DuckDuckGo dan Ecosia.

Sedangkan SEO sendiri merupakan teknik mengoptimalkan website agar mendapat ranking teratas dalam mesin pencarian Google. Dengan SEO, situs akan lebih mudah ditemukan oleh user sehingga berpotensi menyedot traffic, atau pengunjung.

Bagaimana SEO ini Bekerja

Bila kita mempublis sebuah konten/ tulisan pada site, maka Google bots yang bekerja seperti “Spiders” akan menemukan dan mereview konten kita, untuk mengindex konten tersebut. Jika konten/ page yang kita publis itu berhasil menjawab pertanyaan user yang sedang mencari sesuatu di internet maka mesin google akan menyuguhkan page yang dianggap bisa menjawab pencarian user tersebut.

Sebagai blogger usahakan tulisan dalam blog kita jangan press rilis, atau pun yang sudah pernah tertera di Google , usahakan untuk menulis lebih spesifik dalam membahas suatu topik, sertakan bahwa kamu yang melakukan unboxing tentang hal yang akan kamu bahas. Tidak meniru kata-kata yang sudah pernah terdeteks oleh Google, sertakan opini pribadimu agar tidak mencontoh yang sudah ada.

Kenapa kita berusaha agar blog kita ada di halaman pertama mesin pencari Google, karena 75%  pengguna internet hanya memperhatikan hasil pencarian Google pada halaman pertama.

Bagaimana agar blog / konten kita ada di halaman pertama mesin pencari Google, kita harus menggunakan keywords atau kata kunci yang banyak dicari user.

Keywords yang kita gunakan harus :

1.      Informatif : memberikan informasi tentang sesuatu,  memberi ide untuk video marketing dengan tulisan atau keterangan pada video, penggunaan media sosial.

2.      Komersial :  banyak digunakan dan dicari user

3.      Transaktional : bisa menghasilkan transaksi setelahnya.

Type Keywords  harus bisa sebagai :

-Navigational

-Informasional

-Komersial investigasi

-Transaksional

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam SEO

  • Sebelum menulis lakukan riset dan mencari referensi yang bagus dan berkaitan, tetapi kita tidak boleh mengcopy-paste, perlu diolah  dengan opini sendiri.
  • Pergunakan Adsen dari Google bila perlu.
  • Sertakan internal link , yang berasal dari tulisan kita sendiri yang sesuai dengan tulisan/ konten yang sedang kita kerjakan.
  • Bisa disertakan backlink yang bisa membantu keterbacaan blog kita.
  • Konten blog harus bisa menjawab 5 W 1 H , investigasi lengkap termasuk mencantumkan harga sertakan backlink dari situs resmi agar user tidak nyasar ke situs yang serupa.
  • Perhatikan timing, waktu publish tulisan, kalau kita puslish tengah malam saat jam tidur, akan jarang yang membuka.
  • Upload tepat waktu, jangan lambat-lambat karena itu akan menjadi basi di mesin pencari google.
  • Sertakan foto-foto dengan keterangan image yang jelas, jadi bagi yang tidak bisa melihat imagenya bisa mengetahui ada apa dalam image tersebut dengan ukuran 80-100 KB.
  • Setelah publish jangan lupa untuk shere blog/ konten ke media sosial yang berbeda-beda seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Linkedln sertakan narasi yang menarik agar orang tertarik masuk ke blog kita jangan hanya berupa link saja.
  • Semakin sering blog kita direferensikan oleh Google maka Domain Authority akan semakin tingggi, jadi bikinlah tulisan’ konten yang bermanfaat dan senatural mungkin.
  • Ide blog/ konten bisa juga dari komentar-komentar blog/konten kita yang sebelumnya.
  • Kecepatan full load website/ blog juga berpengaruh, usahakan sekitar 1-3 detik saja.

Sambil mengikuti penjelasan nara sumber tentang SEO ada pula lomba media sosial Twitter dan Instagram, dan Alhamdlillah saya menang untuk Twitter, bersyukur sekali dapat tambahan kupon untuk belanja di Transmart.

Alhamdulillah menang twitter comp , foto dokpri


Usai acara kita disuguhi makan siang dengan menu yang variatif, mulai dari bakso, bakmi bihun, olahan daging dan ayam dalan laiinnya. Nikmatnya....

Setelah semua acara selesai kita dibagikan pula doodie bag dan voucher belanja di Transmart.

belanja di Transmart dengan Voucher hadiah, foto dokpri


Saatnya menikmati belanja pun tiba, karena saya berasal dari luar kota jadi semua voucher saya belanjakan semuanya. Ternyata belanja di Transmart DP Mall, sebagai Mall terlengkap di semarang sangat menyenangkan, selain lengkap, dengan pilihan produk yang berkualitas, tempatnya luas dan nyaman pelayanan juga bagus, ketika kami harus membawa banyak belanjaan troli belanja boleh dibawa sampai tempat parkir sehingga tidak perlu berat-berat membawanya.

Yuk kunjungi : https://www.sinarmasland.com/id/development/retail/dp-mall-semarang 

Terima kasih Sinar Mas land, Transmart, Pak Harris Maulana dan Bang Dzulfikar.

Semoga setelah ini ada sesi belajar lanjutan..


#SemarangBloggerGathering

#RoomsInc

#DPMallSemarang

srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

Posting Komentar