Blogger Gathering & SEO Workshop di Rooms Inc Rekomendasi Hotel di Semarang

Posting Komentar

 

foto bersama peserta, foto dokpri

 

Ketika diumumkan akan ada  Blogger Gathering dan Workshop SEO 2 yang akan di selenggarakan di  hotel Rooms Inc pilihan terbaik rekomendasi hotel di Semarang  pada  tanggal 24 September 2023 , sangat antusiaslah diriku ini untuk mendaftarkan diri.  Betapa  tidak karena sudah kebayang keseruan dan juga manfaat yang akan aku dapat dari acara ini. Serunya bertemu teman-teman blogger area Semarang dan sekitarnya tentu menjadi candu, karena setahun  setelah acara Blogger Gathering tahun lalu aku belum pernah  berjumpa  kembali kecuali di grup WA saja.

Apalagi ditambah akan diadakannya update skill Workshop SEO 2  yang menjadi ilmu dasar bagi seorang blogger, pastinya akan sangat bermanfaat. Pengetahuan tentang SEO sangat berguna, karena kita jadi tahu bagaimana agar konten yang terpublish bisa diklik oleh banyak orang, sayang kan kalau sudah capek-capek nulis  eh ternyata tulisan hanya diklik beberapa orang saja. Jadi rugi deh, kalau nggak ikut. Namun ternyata  nggak semua pendaftar bisa ikut karena ada seleksi dari pihak Sinarmas Land sebagai penyelenggara, bikin deg-degan juga. Alhamdulillah  akhirnya aku bisa ikutan acara ini , seneng ya...

Dari Kudus aku berangkat bareng Mbak Lia Wahab dengan berboncengan sepeda motor selama 1,5 jam ke Semarang ( kebayang  kan bagaimana rasa boyok ini, hehehe ) jam 9.00 kami tiba di DP Mall Semarang tempat dimana Hotel Rooms Inc  berada, tepatnya di Jalan Pemuda  No. 150, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang . Usai berbenah kami langsung menuju ke tempat di selenggarakannya acara , yaitu di ruang meeting Half Moon  dan Full Moon Room Inc.

Setelah absen, kami masuk ruangan ternyata sudah ramai banyakan sudah datang, sempat  ngopi dan nyeneck  sebentar tak lama kemudian  acara pun segera di buka, diperkenakan tim dari Sinarmas Land yang akan mengisi acara dan diumumkan akan ada Instagram Competition untuk posting di IG  selama acara berlangsung. Untuk katagori posting di Feed dan Reel  masing-masih ada 3 pemenang yang akan mendapatkan  hadiah voucher belanja yang lumayan asyik jumlahnya.

Rooms Inc

Acara dilanjutkan dengan perkenalan dengan Rooms Inc Hotel oleh Kak Rizqa Humairoh selaku Sales Manager Room  Hotel.  Hotel Room sendiri mempunyai  162  kamar untuk menginap, dengan 3 tipe :

deluxe room dengan view Lawang Sewu



-          Deluxe ada 9 kamar

-          Superior ada 97 kamar

-          Standart ada 56 kamar

Selain kamar untuk menginap, Rooms hotel juga mempunyai  restoran Meet n’ Eat Resto & Spacebar dengan 2 tipe, yaitu   Indoor dan Outdoor.   Sedangkan  tempat meeting disediakan  sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan :

-          Crescent  Moon      untuk kapasitas 70 orang

-          Half Moon              untuk kapasitas 70 orang

-          Full Moon               untuk kapasitas 70 orang

-          Connecting              untuk kapasitas  210 orang

-          New Moon              untuk kapasitas 122 orang

-          Super Moon            untuk kapasitas 188 orang

-          Connecting              untuk kapasitas 300 orang

Hotel yang terletak di atas DP Mall Semarang ini juga dilengkapi  dengan Cafe Terrace Lawang Sewu dan Smoking Area yang menghadap langsung ke Lawang Sewu,  ada juga tempat karaoke dan tempat Gym  sebagai pusat kebugaran.

Karena letaknya yang menyatu dengan DP Mall maka pengunjug  bisa nonton bioskop di  Cinema XXI  Primmiers dengan hanya melangkahkan kaki saja. Tempat makan  dan juga tepat belanja yang lengkap untuk segala kebutuhan hanya dengan berjalan kaki. Mulai belanja harian di Transmart, sampai belanja busana bermerk, ada juga Sport Stasion yang menyediakan aneka kebutuhan berolah-raga.

 

tempat gym di Rooms Inc, foto dokpri

SEO 2 Workshop

Selanjutnya masuk pada inti acara yaitu Workshop SEO 2 (karena yang 1 sudah di Workshop tahun lalu) kali ini kita belajar dengan Kakak  Tommy A.S.  yang menjabat sebagai : Web Channel Coordinator di Sinar Mas Land (SML).

Kakak yang gantengnya kayak artis ini menjelaskan lengkap, bagaimana agar web/ blog  bisa terindex oleh google sehingga menghasilkan trafik yang tinggi dengan cara SEO yang benar.

Global Search Engine User atau Mesin Pencari Web merupakan program komputer  yang dirancang untuk melakukan pencarian informasi dari dokumen atau berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp. Berikut pengguna mesin paling bayak digunakan oleh nyuser di seluruh dunia :

 

sumber gambar :materi workshop SEO  SML

Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik mengoptimasi  website agar  mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Dengan SEO, situs akan mudah ditemukan user sehingga berpotensi  menyedot lebih banyak trafik.

Bagaimana SEO bekerja ?

Setelah konten kita publish pada site / web/ blog  maka Google bots atau “spiders” akan merayap dan mereview pages tersebut, selanjutnya Google akan mengindex page tersebut.  Bila telah selesai terindex , maka page telah siap menjawab pertanyaan user . Mesin pencari akan siap menyajikan tulisan yang telah kita publish dan telah terindex oleh Google  kepada user yang sedang mencari dengan keyword tertentu.

Algoritma Google  terjadi  Core Update sejak 22 Agustus 2023, yang merupakan sebuah pembaharuan inti dari google, karena google telah memperbarui cara kerja mesin pencari yang dibuat sedemikian baik untuk user. Google memperbarui  baik itu cara kerja  spam policy,  helpful content,  ataupun produk review. Jika halaman mengalami penurunan rank yang drastis, maka  kita harus menilai konten  kita kembali apakah layak dan  mudah dibaca user atau tidak.

Google Volatility adalah tingkat naik turunnya suatu page pada beberapa katagori. Google Volatility dipengaruhi oleh update Google algoritma. Jika google akan melakukan update atau sedang terjadi update algoritma , maka volatility ranking akan meningkat secara drastis.

Fakta menunjukkan bahwa 75 %  pengguna interet hanya akan memperhatikan hasil  pencarian Google pada halaman pertama.

Oleh sebab itu kita sebagai blogger/ koten kreator  harus belajar tentang SEO untuk mendapatkan halaman pertama  pada mesin pencari Google.

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mendapat halaman pertama pada mesin pencari Google :

1.    1.   Create Google Search Console yaitu  menambahkan website kita di akun google search console.

2.      2. Indexing Google Request, yaitu mengcopy-pastekan URL  detail konten kemudian klik  REQUEST INDEXING.

3.      3. Indexing, sebelum pemilik situs mendapakan report dari google, maka pemilik situs harus memasukan  url website.  

Comprehensive Guide/ panduan untuk On Page SEO :

1.    -  Internal Link , memasukan link yang jika diklik akan landing pages  yang kita cari penjelasannya.

2.      - Alternatif text (Alt)  Images ( teks pada images atau gambar).

3.      - Title & Description tag, yaitu  memberi tahu pengguna dan mesin pencari tetang topik halaman tertentu. Sebaiknya penulisan title atau judul maksimum 65 karakter, dan 165 karakter pada diskripsi tag.

4.      - Open Graph Meta Tags, berfungsi untuk menampilkan judul , gambar, dan diskripsi konten saat user membagikan / shere ke platform sosial media masing-masing. Karena hal ini mempengaruhi kinerja dari  link kita yang ada di sosial media, dan bertujuan agar konten yang kita buat  dapat dijangkau oleh banyak audiens

5.     -  Update Old Page, bila konten kita sudah tidak mendapatkan klik lagi maka isi konten perlu diupdate dengan  menambahkan keywords, merubah judul, internal link dan lain-lain agar performance konten menjadi lebih baik.

6.      - Snippets, merupakan ringkasan hasil penelusuran, seperti google news. Cara membuat Snippets : 1. Menambahkan data struktur ke situs/ blog kita agar google memahami halaman tersebut. 2. Menambahkan meta tag description untuk menghasilkan cuplikan.

7.      - Breadcrumb Optimization , hal ini bisa menjadi elemen penting karena : 1. Dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dan membuat situs website menjadi mudah digunakan dan dinavigasi. 2. Membantu google  memahami heirarki situs kita dan mendistribusikan pagerank ke seluruh situs website.

Hal-hal yang perlu diperhatikan selain On Page SEO adalah Off Page SEO, seperti :

1.    *  Domain Authority (DA) , merupakan metrik buatan Moz untuk memprediksi seberapa besar kemungkian website muncul di mesin pencarian Google. Semakin tinggi skor DA maka potensi website mendapatkan ranking semakin tinggi di Search Engine Result Page (SERP).

2.     *  Cara mengecek Domain Authority (DA) dengan alamat website ahreft, masukan alamat website/url blog kita kemudian klik button Check Authory.

3.    *   Sosial Media, karena sosial media merupakan platform yang digemari oleh user, jadi sering-seringlah membagikan konten kita di sosial media yang kita miliki.

4.      * Google Business Profile, kita bisa mengoptimalkan Profil Bisnis sebagai taktik utama SEO di luar halaman. Karena ini merupakan foktor peringkat SEO lokal yang penting untuk meningkatkan visibilitas situs pada posisi bernilai tinggi di halaman mesin pencarian Google. Misalkan menampilkan peta sebagai paket tambahan.

5.    *   Inbound Links , yaitu menyisipkan kata pada sebuah artikel yang jika diklik akan mengarah pada website tertentu yang akan kita promosikan.

6.     *  Blog Comments, saling berkomentar pada blog sehingga terjadi interaksi user, komentar yang relevan akan menarik perhatian pemilik dan pengunjung blog  sehingga user tertarik membuka situs kita.

Technical SEO

1.      - Sitemap.xml, yaitu sebuah halaman yang memuat semua informasi link yang ada di website. Misalkan informasi kategori, informasi halaman, informasi post, informasi tag yang tercantum pada halaman sitemap.

2.      - Robots.txt, adalah sebuah kode untuk memberi instruksi pada robot search engine dalam menelusuri atau meng-crawling website.

3.      - 404 Page, halaman 404  sangat diperlukan untuk memberitahu bahwa konten yang sedang user cari tidak ada, dengan menggunakan meta tag noindex, nofollow  supaya halaman ini tidak dicrawl oleh Google.

4.      - Google AMP, Google Accelerated Mobile Pages (AMP) merupakan teknologi untuk mempercepat proses rendering pages ataut loading pages saat diakses oleh user.

5.      - Canonicalization ULR atau Canonical tags dapat menggabungkan sinyal link untuk halaman situs website yang serupa atau duplikat dan untuk mengelola konten yang bersekutu. Tips : Jangan mengcanolisasi menjadi URL yang memiliki 301 redirect ( halaman yang redirect langsung ke halaman lain). Pastikan konten yang kita Canolisasi itu relevan.

6.      - URL Structure, seperti pertimbangan untuk menggunakan tanda hubung dalam memisahkan kata-kata di URL, karena ini membantu user dan mesin telusur untuk mengidentifikasi konsep URL dengan lebih mudah, sebaiknya menggunakan tanda hubung (-) daripada garis bawah (_) di URL.

7.       - Secure Socket Layer (SSL), merupakan suatu protokol yang menjamin keamanan pengiriman informasi secara online. Google akan mengutamakan website yang sudah mempunyai sertifikasi SSL  dalam mengatur ranking halaman hasil pencarian.

8.      - Broken Link Redirect 301, bila Not found (404)  biasa kita temukan saat halaman / tautan rusak. Maka Not found 404 harus fixing dengan cara redirect ke halaman lainnya dengan status kode 301 (Moved Permanently).

9.     -  Bloated CSS & JavaScript Files) adalah teknik untuk kompres  agar proses load website atau blog tidak memakan waktu yang maka.

10.  - Website Performance, kinerja sitsus website  merupakan kecepatan halaman karena pengaruhi SEO , karena menjadi faktor peringkat langsung, ini merupakan fakta untuk diketahui lebih baik sejak pembaharuan Kecepatan Algoritma Google. Namun kecepatan dapat mempengaruhi peringkat secara tidak langsung , dengan meningkatkan rasio pentalan dan mengurangi waktu tunggu. Kiat menanggulangi kelambatan dengan gunakan gambar maksimal 300 KIB , ikon HTML, kompres skrip CSS, HTML, JS. rajin upload konten dan membersihkan cache.

Selesai sudah materi yang disampaikan Kak Tommy yang tentu sangat berguna bagi kita sebagai konten kreator / blogger.

Kini saatnya kita Room Tour Hotel Room Inc dengan dipandu Kak Risqa sebagai tuan rumah. Kami dibawa keliling hotel dan diperkenalkan tempat-tempat yang di awal acara sudah disinggung, seperti Gym  senter, serta menenggok kemewahan kamar Room Inc hotel.

* Deluxe room , kamar berukuran 34 meter persegi ini untuk kapasitas 2 orang. Dengan pemandangan kota Semarang dari jendela. Sedang fasilitas yang disediakan adalah : kloset, perlengkapan kamar mandi gratis, pengering rambut, kamar mandi pribadi, shower, sandal dan handuk, telivisi LED 43 inci, saluran kabel, saluran TV premium, air minum kemasan gratis, lemari es, layanan kamar, Wi-Fi gratis, dan kamar yang kedap suara.

* Standar room, kamar berukuran 17 meter persegi, untuk kapasitas 2 orang. Dengan fasiitas : kloset, perlengkapan kamar mandi gratis, pengering rambut, kamar mandi pribadi, shower, sandal, handuk, AC, televisi 43  inci , saluran kabel, saluran TV premium, air minum kemasan, Wi-Fi gratis, dan kamar  kedap suara.

* Double Superior room, kamar berukuran 18 meter persegi  ini mempunyai pemandangan kota dari jendela, untuk kapasitas 2 orang. Dengan fasilitas : kloset, perlengkapan kamar mandi gratis, pengering rambut, kamar mandi pribadi, shower, sandal, handuk, AC, telivisi LED 43 inci, saluran kabel , saluran TV premium, air minum kemasan gratis, layanan kamar, Wi-Fi gratis, dan  kamar kedap suara.

Usai room tour kita langsung menuju ke resto untuk makan siang yang sudah disediakan untuk peserta Blogger Gathering. Alhamdulillah menunya cocok dan enak rasanya.

Kembali ke meeting room kita segera akan menunggu diumumkannya Instagram Compotition, setelah diberi waktu tambahan agar bisa posting lebih banyak.

Akhirnya ke 6 pemenang 3 dari IG Feed dan 3 dari Reel diumumkan, cukup seru menunggunya, walau belum menang namun ikut senang juga  melihat teman teman-teman mendapat hadiah karena video/ fotonya menarik.

godybac , foto dokpri


Setelah rangkaian acara selesai kita pulang dengan hati riang, karena mendapat  godybac yang isinya Lock&lock Vacuum Tumbler 450 ml  dan juga Sodexo Gift Pass senilai 500.000. Alhamdulillah...

Markibel...

Mari kita belanjaa..., eh  pulang dulu ya.

 

Kudus, 30 September 2023.

Sri Subekti Astadi

 

Artikel ini dibuat untuk SEO Blogging Contest sebagai syarat telah mengikuti Blogger Gathering dan SEO Workshop di Hotel Rooms Ind Semarang , 24 September 2023.


 

 

srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

Posting Komentar