Viral, Siapa Untung dan Siapa Rugi

Posting Komentar


 

kreasi sendiri dengan Canva

Di era digital dengan berkembangnya berbagai aplikasi media sosial, kata viral juga semakin banyak digunakan dan dicari oleh para pencari berita, pembuat konten maupun oleh nitizen yang sudah gatel ingin mengomentari sesuatu.

Viral menurut KBBI Daring : 1. Berkenaan dengan virus. 2. Bersifat menyebar luas dan cepat seperti virus.

Viral sendiri bisa terjadi tanpa sengaja atau alamiah terjadi cepat menyebar, sesuatu yang membuat orang-orang ‘wow’ sehingga banyak orang membicarakannya dan mencari mengenai sesuatu  tersebut. Baik itu melalui layar kaca maupun layar hp banyak dibahas oleh nitizen atau masyarakat luas.

Namun ada juga viral yang sengaja dibuat oleh konten kreator untuk memperoleh banyak klik, like/ suka dan komentar yang ujung-ujungnya bisa menghasilkan banyak cuan.

Sesuatu yang viral biasanya juga menjadi tranding topik di Twitter, pengguna Twitter biasanya menggunakan tagar (#) yang sama dan berulang-ulang, meggunakan keyword atau kata kunci yang sama agar sesuatu itu menduduki tranding topik atau viral di jagad pertwitteran. Karena sifat viral disini bisa dibuat maka dimanfaatkan oleh pemilik suatu produk untuk mengenalkan produknya atau suatu event, ide yang sedang terjadi dengan membayar para buzzer yang mau ikut memviralkan dengan tagar dan keyword tertentu.

Selain Twitter sebenarnya hampir semua media sosial bisa digunakan untuk memviralkan sesuatu, seperti TikTok yang sekarang sedang trend.  Untuk menjadi viral atau terkenal sekarang terbuka bagi semua kalangan tidak harus artis, tidak harus cantik atau benar-benar mempunyai keahlian tertentu.

Contohnya, Intan Lembata yang dengan wajah memelasnya menyanyikan lagu Reihan dengan lirik yang dibuat menyentuh. Entah karena kasihan pada Intan, atau menganggap Intan lucu, nyatanya lirik “ begitu syulit lupakan Reihan...” menjadi banyak ditonton dan ditiru orang dari berbagai kalangan. Intan telah berhasih memviralkan dirinya, sehingga dia memperoleh banyak follower, like dan komen. Hal demikian membawa banyak keuntungan buat Intan untuk meraup penghasilan, karena setelahnya ia menjadi affiliator banyak produk.

Selain Intan,  banyak nama-nama muncul dan viral walau itu bersifat sementara seperti anak-anak Citayam Fashion Week. Seperti Jeje, Bonge, dan teman-temannya yang tampaknya sekarang jarang muncul lagi.

Ada juga Farel Prayoga, penyanyi cilik asal Banyuwangi yang mempunyai suara khas. Memulai debut sebagai seorang pengamen, Farel yang bersuara merdu itu viral hingga akhirnya diundang Presiden ke istana negara saat peringatan Tujuhbelas Agustus. Berkat viralnya itu membawa dampak yang baik buat anak berusia 12 tahun itu, karena setelah manggung di istana negara dia riwa-riwi muncul di telivisi dan diundang manggung oleh banyak kalangan. Sehingga bisa mengangkat derajat perekonomian orang tuanya.

Viral juga bisa mempunyai dampak yang kurang bagus juga, seperti kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora oleh suaminya Rizky Billiar. Sejak kasus itu terkuak karena Lesti membuat laporan ke polisi , dukungan untuk Lesti melimpah dan hujatan untuk Billiar pun tak henti-hentinya hingga menguliti masa lalunya. Apalagi setelah Lesti akhirnya mencabut laporannya dan kembali berdamai dengan Billiar beragam hujatan, doa dan kekecewaan diungkapkan para nitizen. Hal demikian tentu membawa dampak yang tidak baik bagi pasangan Letsar.

Sebagai seorang konten kreator kita pasti mencari cara agar hasil karya kita baik itu tulisan maupun video-video kita bisa viral, karena viral bisa mendatangkan banyak klik atau kunjungan, like atau suka dan komentar. Karena semua itu akan menaikkan PA dan DA pada blog/ akun medsos kita. Berbagai cara ditempuh, misalnya dengan menunggah hal-hal yang sedang viral dan banyak dicari orang, dengan menggunakan tagar yang sedang viral, menggunakan kata kunci atau keyword tertentu yang sedang banyak dicari orang. Pemilihan judul juga penting selain pilih yang unik, membuat orang penasaran untuk membaca dan mengandung kata kunci sehingga mudah terbaca oleh mesin pencari Google.

Karena viral bisa berarti cuan dan bisa juga berarti tertutup kesempatan mendapatkan cuan, karena nama kita menjadi jelek sehingga dijauhi, dihujat dan dikomentari banyak orang.

Kalau kamu pilih mana viral, atau biasa-biasa saja! 


#Viral

srisubekti.com
wife ordinary, writer, fiksianer, kompasianer, Content creator

Related Posts

Posting Komentar